External UI

External UI (14)

Wednesday, 29 September 2021 07:10

CULTIVHACKTION

Yth. Para Peneliti FKUI

Sehubungan dengan adanya surat dari Direktur Inovasi dan Science Techno Park Nomor: S.e-459/UN2.INV/PPM.00.00/2021 perihal Pemberitahuan Program CULTIVHACKTION yang didukung oleh World Bank Grup, TaniHub Grup, dan German Cooperation telah dibuka.

Registrasi dapat dilakukan dengan mengunjungi laman https://www.cultivhacktion.id/submit-proposal , sebagaimana berkas terlampir. Adapun batas akhir pendaftaran pada 19 Oktober 2021. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi staf DISTP sdri. Desy (081319842355). Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih

Unduh dokumen:

1. Panduan

2. ND 5154 - Cultivhacktion

 

Yth. Para Peneliti FKUI

Sehubungan dengan adanya surat dari Direktur Inovasi dan Science Techno Park Nomor S.e-332/UN22.INV/PPM.00.00/2021, maka bersama ini kami sampaikan informasi pelaksanaan kegiatan “Creation Scholarship” dari BRI Peduli. Program ini merupakan program yang bertujuan membantu Pendidikan di Indonesia. BRI peduli “Creation Scholarship” adalah beasiswa yang memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang memiliki inovasi, ide dan terobosan baru yang kreatif dan beasiswa untuk kuliah. Adapun manfaat dari kegiatan ini antara lain:

1. Tim terpilih akan mendapatkan pembiayaan inovasi sebesar @ Rp.30.000.000;
2. Setiap mahasiswa akan mendapatkan bantuan dana kuliah sebesar Rp8.000.000 setiap semester maksimal sampai delapan semester;
3. Setiap mahasiswa mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar Rp500.000 setiap bulan maksimal 48 bulan, dan;
4. Keikutsertaan pada Annual Gathering Supercamp: Pelatihan Soft Skill dan Kepemimpinan.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi staf DISTP Nur Rofika (081519542215). Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Link web: https://bri.co.id/bripedulicreation 

DOWNLOAD DOKUMEN Surat dan Panduan

 

 

Sunday, 27 June 2021 12:31

Program Falling Walls Lab

Yth. Para Peneliti FKUI

Sehubungan dengan adanya surat dari Direktur Inovasi dan Science Techno Park Nomor: S.e-292/UN2.IN/PPM.01.01/2021, bersama ini kami informasikan bahwa terkait penyelenggaraan kegiatan Falling Walls Lab yang didukung oleh Kementerian Luar Negeri Republik Federal Jerman, dan DAAD Regional Office Jakarta telah dibuka.

Program Falling Walls Lab adalah kompetisi yang mempresentasikan ide inovatif dalam 3 menit dan 3 slide. Pemenang dari program ini akan berkesempatan mempresentasikan ide inovatif nya di ajang Falling Walls Lab Finale di Berlin pada bulan November 2021, serta mendapat kesempatan bergabung dengan komunitas Falling Walls dan menjalin kerjasama dengan para inovator dari seluruh dunia serta mengikuti Falling Walls Lab Showcase. Selain itu pemenang juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti dari EURAXESS serta professional video untuk membantu pemenang mempresentasikan ide inovatifnya.

Batas akhir pendaftaran 10 Agustus 2021 dan registrasi dapat dilakukan dengan mengunjungi https://www.falling-walls.com/lab/apply. Informasi lebih lanjut dapat mengakses https://www.falling-walls.com/.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Unduh dokumen DISINI

Tuesday, 15 June 2021 03:33

Program Pertamuda Pertamina

Yth. Para Peneliti FKUI

Sehubungan dengan adanya surat dari Direktur Inovasi dan Science Techno Park Nomor: S.e-260/UN2.IN/PPM.00.00/2021, bersama ini kami informasikan bahwa diselenggarakannya Program Pertamuda dari Pertamina. Program ini bertujuan membantu pemerintah menciptakan wirausaha muda dan lapangan kerja sebagai bagian dari kontribusi BUMN terutama dalam mendukung pembangunan ekonomi kreatif yang mempunyai nilai inovasi dan berkelanjutan. Pertamuda mencari 50 peserta yang berasal dari latar belakang mahasiswa berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang mempunyai ide bisnis yang mengandung nilai inovasi dan berkelanjutan. Adapun benefit dari Pertamuda adalah 3 peserta terbaik akan diberikan permodalan masing-masing Rp100.000.000,00 kepada universitas/inkubator bisnis dari universitas untuk dialokasikan kepada peserta untuk memulai bisnisnya masuk kepada market, dan 50 peserta akan dipantau perjalanan bisnisnya selama 10 bulan dan terbuka akses pendanaan berikutnya yang berasal dari ecosystem Pertamina.

Persyaratan peserta:

  • Warga Negara Indonesia (memiliki KTP)
  • Mahasiswa/i Universitas Negeri di Indonesia
  • Mempunyai surat rekomendasi dari kampus
  • Mengajukan satu ide bisnis saja

Rangkaian acara:

  1. Pertamuda Launch & Webinar 2021: 17 Juni 2021
  2. Open Call / Pendaftaran Pertamuda: 17 juni - 16 Juli 2021
  3. Online Workshop series 1,2,3, & 4: 30 Juni, 5, 12, & 16 Juli 2021
  4. Filtering & Kurasi 50 Peserta: 19 - 23 Juni 2021
  5. Pengunuman 50 Peserta Demoday Pertamuda: 27 Juli 2021
  6. Demoday Pertamuda di Bali: 13 - 15 Agustus 2021

Syarat pengajuan permohonan surat pengantar/rekomendasi kampus:

  1. Mahasiswa aktif Universitas Indonesia (minimal semester 5 untuk program S1 dan semester 2 untuk program Pascasarjana)
  2. Satu tim terdiri atas 1 orang atau lebih
  3. Pitch deck sesuai laman https://pertamuda.id/
  4. Proposal berisi:
    • Deskripsi usaha dan produk
    • BMC (Business model Canvas)
    • Traction
    • Struktur Tim
    • Foto produk
  5. Pengajuan surat pengantar maksimal tanggal 14 Juli 2021 (jam 09.00 - 15.00)

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi staf DISTP sdri. Nur Rofika (083865174800) dan mengakses www.pertamuda.id. Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Unduh dokumen berikut:

 

Yth. Para Peneliti FKUI

Sehubungan dengan adanya surat dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor B-1650/II/PL.01.02/5/2021 perihal Permohonan Proposal Penelitian, maka bersama ini kami sampaikan informasi bahwa Pendanaan Prioritas Riset Nasional (PRN) untuk Perguruan Tinggi Negeri di tahun 2021 oleh Badan Riset dan Inovasi Nasonal (BRIN) sedang dibuka. Judul proposal diharapkan sesuai dengan tema Work Breakdown Structure / Work Package (WBS/WP).

Adapun batas waktu penerimaan Idea Concept Paper (ICP) paling lambat hari Jumat, 4 Juni 2021, pukul 23.59 WIB. Bagi para peneliti yang ingin mengajukan dapat mengunduh template ICP di: https://drive.google.com/file/d/1tBhkpdy5UCJppAcR8cAr7hWLekw9aF5j/view?usp=sharing dan diunggah ke https://forms.gle/rpK8diUGzPEnhRu56.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Prof. Dr. Ignasius Dwi Atmana Sutapa (081321257325) atau dr. Pramono Nugroho (081394614621). Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Unduh dokumen disini:

Yth. Para Peneliti FKUI

Berikut kami sampaikan informasi hibah Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) Dikti 2021

Mulai tahun 2012 Ditjen Dikti telah melaksanakan Program SAME (Scheme for Academic Mobility and Exchange). Program SAME ini dimaksudkan untuk memfasilitasi dosen dalam mengembangkan kemampuan penelitian yang telah imulai pada saat mengambil program Doktor, memperbaharui bahan ajar dan metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan terbaru di dunia pendidikan internasional, membimbing mahasiswa S3 (PhD joint supervision) terhadap dosen Indonesia yang sedang melanjutkan studinya di luar negeri dalam kerjasama double degree, pemantapan dan peningkatan jejaring kerjasama double degree Master dan Doktor, melakukan joint research dan penulisan karya ilmiah bersama. Program SAME juga dikembangkan agar bisa mendatangkan Profesor/Dosen Peneliti Tamu dari PT/Institut Riset Luar Negeri untuk bekerjasama dalam kegiatan penelitian dan pengajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia.

Durasi kegiatan adalah 3 (tiga) bulan dan harus dilaksanakan pada tahun anggaran 2021.

Pelamar Program SAME mengusulkan secara online melalui laman kompetensi.sumberdaya.kemdikbud.go.did/v2, paling lambat pengunggahan berkas proposal lengkap pada 3 Juli 2021. Informasi lebih lanjut dapat mengakses https://dikti.kemdikbud.go.id

Unduh panduan berikut:

 

 

Yth. Para Peneliti FKUI

Sehubungan dengan adanya surat dari Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Nomor-152/UN2/INV/PPM.00.00/2021, bersama ini kami informasikan penyelenggaraan Program Kompetisi Startup Implementasi Teknologi oleh Kementerian Perindustrian. Program ini merupakan program yang ditujukan bagi startup yang bergerak dibidang industri manufaktur/ jasa industri. Tim yang memperoleh program ini akan mendapat dana pengembangan usaha, pelatihan, sekolah bisnis startup bersama Estubizi Network, temu bisnis dengan pelaku industry 2022, masuk dalam katalog penyedia teknologi pada website Startup4industry dan tergabung dalam SINDI 4.0 dan PIDI 4.0. Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan http://www.startup4industry.id/. Adapun bisnis yang diusulkan dikurasi oleh Kementerian Perindustrian.

Bersama ini pula kami lampikan panduan pelaksanaan kegiatan. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sdri. Nur Rofika melalui wa. 083865174800 (Staf DISTP UI).

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Unduh Surat dan Panduan: DISINI

Yth. Para Peneliti FKUI

Sehubungan dengan adanya surat dari Direktur Riset dan Pengembangan Nomor ND- 247/UN2.RST/PPM.00.00/2021, bersama ini kami informasikan Call for Application The Young People and Development Rapid Research (YPD-RR) – Partnership for Australia-Indonesia Research (PAIR) Program yang diselenggarakan oleh The Australia-Indonesia Centre. Tujuan dari program ini berfokus pada eksplorasi kegiatan riset di provinsi Sulawesi Selatan. YPD-RR PAIR Program akan melibatkan para peneliti yang berasal dari The University of Melbourne, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan Universitas Hasanuddin.

Setiap proposal yang akan didanai akan berfokus pada analis kegiatan riset di bidang Pendidikan (vocational, training, and higher education) dan kebutuhan industri yang terdiri dari:

  1. Health and wellbeing

  2. Commodities

  3. Transport

  4. Logistics and supply chain

  5. Tourism

  6. Digital economy

Bagi para peneliti yang berminat mengikuti program ini dapat mengunggah proposal paling lambat 30 Juni 2021 (waktu Australia). Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman http://bit.ly/PAIRProgram.

Demikian surat informasi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Unduh dokumen berikut:

Wednesday, 14 April 2021 07:16

Habibie Prize 2021

Yth. Para Peneliti FKUI

Habibie Prize adalah anugerah yang sebelumnya dikenal sebagai Habibie Award. Habibie Award Diselenggarakan oleh Yayasan Sumberdaya Manusia Dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sejak Tahun 1999, dan Tahun 2020 menjadi Habibie Prize, yang diselenggarakan Bersama dengan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Anugerah ini telah diberikan kepada 71 ilmuwan, sebagai wujud apresiasi kepada tokoh yang telah berjasa dalam kehidupan intelektual dan karya luar biasanya yang disumbangkan kepada bangsa. Para penerima penghargaan ini ialah insan-insan terbaik dari berbagai disiplin IPTEK, serta mereka yang telah membaktikan hidupnya untuk kesejahteraan, keadilan dan perdamaian. Nama “Habibie” digunakan untuk mengenang jasa Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie dan sekaligus Pencetus Anugerah Habibie Award, Presiden Republik Indonesia yang ketiga, Menteri Riset dan Teknologi tahun 1978-1998, dan dikenal luas sebagai intelektual internasional dalam bidang teknologi, atas pemikiran, komitmen dan dedikasi besar beliau dalam upaya memajukan IPTEK di Indonesia. Penyelenggaraan Habibie Prize oleh Kemenristek/BRIN bekerjasama bekerjasama dengan Yayasan Sumber Daya Manusia-Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini akan dilaksanakan setiap tahun sebagai agenda Nasional pada setiap peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Yayasan SDM IPTEK membantu mendistribusikan formulir kepada para pelamar HABIBIE PRIZE, dimana akan ditutup pada tanggal 5 Juli 2021. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website www.ristekbrin.go.id/habibieprize

Penyampaian berkas nominasi secara offline dikirim ke:

1. Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN)
    Deputi Bidang Penguatan Inovasi
    Gedung BJ. Habibie Lt.22
    Jl. MH. Thamrin No.8
    Jakarta Pusat, 10340

2. Yayasan SDM IPTEK
    Gedung The Habibie Center Lt.3
    Jl. Kemang Selatan No.98
    Jakarta Selatan, 12560

Demikian informasi ini disampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

DOWNLOAD PANDUAN

Monday, 12 April 2021 05:08

Kompetisi PLN ICE 2021

Yth. Para Peneliti FKUI

Bersama ini kami informasikan bahwa PLN ICE (Innovation and Competition in Electricity) merupakan program CSR PLN yang kali ini bertema “Electricfying Lifestyle” dapat diikuti oleh mahasiswai aktif (D3 – S2). Bentuk Kompetisi PLN ICE adalah kompetisi desain inovasi terdiri dari:

  1. Desain Kendaraan Listrik (Mobil, Motor, Sepeda, Kendaraan Roda Tiga)
  2. Desain Peralatan Berbasis Kelistrikan
  3. Program Bisnis Tepat Guna

Peserta dengan desain terbaik disetiap kategori (selain mobil) akan mendapatkan pendanaan untuk pembuatan prototipe / implementasi program (Untuk Kategori program bisnis). Adapun pendaftaran dan pengiriman proposal dapat dikirimkan paling lambat tanggal 7 Mei 2021 melalui registrasi dan informasi https://ice.pln.co.id/registrasi.

Jadwal kegiatan:

  • Pengumpulan proposal : 27 Maret - 07 Mei 2021
  • Presentasi peserta terpilih : 14 Juni - 16 Juni 2021
  • Pengumumam juara desain mobil, nominasi desain terbaik (selain kategori mobil) dan program bisnis terbaik : 18 Juni 2021
  • Pembuatan prototipe & implementasi program bisnis : 21 Juni - 31 Agustus 2021
  • Uji coba & seleksi prototipe : 1 - 30 September 2021
  • Pengumuman juara prototipe : 21 Oktober 2021

Sehubungan dengan hal tersebut, bagi para mahasiswa/I di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang ingin berpartisipasi dapat menghubungiStaf KI dan Promosi sdra. Aziz (085717977137) atau  sdri. Niki (087873934282) . Demikian surat informasi ini kami sampaikan. Atas bantuan dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.