• PENGUMUMAN

    2020-04-02

    PENGUMUMAN

    Sebubungan dengan pandemi COVID19 di Indonesia yang berdampak pada situasi yang tidak kondusif untuk berjalannya penelitian  sesuai proposal yang diajukan, dan dalam upaya tetap menjaga keselamatan dan kesejahteraan subjek penelitian, maka dengan sangat menyesal  Komite Etik Penelitian Kesehatan FKUI-RSCM menyampaikan :

    1. Menangguhkan penerbitan surat keterangan lolos kaji etik untuk penelitian studi BA/BE.
    2. Tidak menerima berkas protokol baru untuk penelitian studi BA/BE.
    3. Untuk protokol penelitian BA/BE yang sudah mendapat ethical approval dari KEPK FKUI-RSCM namun belum sempat dikerjakan, juga dengan ini kami minta ditangguhkan pelaksanaannya karena ini menimbulkan risiko tinggi bagi subjek penelitian.

    Adapun keputusan tersebut berlaku sampai dengan waktu yang belum dapat ditentukan. Apabila situasi kembali normal maka kami akan menginformasikannya pada website kami.

    Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

     Jakarta, 30 Maret 2020

     Ketua KEPK FKUI-RSCM

     

    Prof. dr. Rita Sita Sitorus, Ph.D., Sp.M(K)

    Surat Pengumuman Terlampir

    PENGUMUMAN

    Read more about PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN

    2020-03-23

    PENGUMUMAN

     

    Berkenaan dengan masalah COVID19, berikut kami ingin menyampaikan :

    1. Perubahan jadwal pelayanan penerimaan berkas kaji etik/pengambilan surat hanya dapat dilakukan pada hari Kamis dari pukul 09.00-15.00 WIB, dengan waktu istirahat 12.00-13.00 WIB sampai waktu yang belum ditentukan.
    2. Bagi peneliti yang mengajukan protokol baru dan sudah melakukan online submission, harap konfirmasi ke nomor : 081319517808 (Mujioto) atau email ec_fkui@yahoo.com.
    3. Bagi peneliti yang akan mengajukan berkas perbaikan, amandemen, SAE, dll harap mengirim berkas soft copy ke ec_fkui@yahoo.com
    4. Bagi peneliti yang akan mengambil surat kaji etik penelitian, harap membawa berkas hard copy ke Komite Etik Penelitian sesuai berkas yang sudah diupload (poin 2 dan 3).
    5. Jika pengajuan Saudara belum mendapatkan nomor ID Protokol dari Komite Etik Penelitian Kesehatan (contoh : 20-01-0001) harap menghubungi nomor : 081319517808 (Mujioto).
    6. Harap mengecek pengajuan protokol baru kaji Saudara secara berkala di website http://research.fk.ui.ac.id/ethics (lihat di panduan pengisian online). Hasil pengajuan protokol kaji etik baru kurang lebih 10-15 hari kerja.
    Read more about PENGUMUMAN
  • Penggunaan Formulir Etik Baru dan Pencantuman Tanggal & Nomor Versi Protokol Penelitian

    2019-09-23

    Pengumuman.

    1. Sehubungan dengan adanya perubahan lembar formulir etik terbaru di Komite Etik Penelitian Kesehatan FKUI-RSCM, untuk itu harap peneliti yang hendak mengajukan etik agar menggunakan Formulir Etik terbaru yang dapat diakses di web KEPK FKUI-RSCM. (Terhitung mulai 11 November 2019 peneliti harus sudah menggunakan formulir versi terbaru tersebut)

    2. Bagi peneliti yang hendak mengajukan etik, baik pengajuan awal maupun lanjutan (Amandemen, perpanjangan, dll), diharapkan untuk mencantumkan tanggal dan nomor versi pada proposal serta lembar informasi untuk calon subjek di halaman pertama masing-masing berkas tersebut.
    Contoh:
    Tanggal : 23 September 2019, Versi : 01

    Khusus untuk penelitian yang dilaksanakan di RSCM, mohon lembar informasi untuk subjek menggunakan logo RSCM-FKUI dan menuliskan nomor dokumen pada bagian kanan bawah (0995/rev00/KEP/2019) seperti pada contoh (lihat pada menu user guidelines -> berkas pengajuan etik -> pilih download panduan informed consent penelitian)

     

    Terima kasih

    Read more about Penggunaan Formulir Etik Baru dan Pencantuman Tanggal & Nomor Versi Protokol Penelitian
  • Penggunaan Lembar Informed Consent Versi Terbaru

    2019-05-14

    Sehubungan telah disusunnya panduan dan contoh Informed Consent oleh Komite Etik Penelitian Kesehatan FKUI-RSCM, maka untuk pengajuan Informed Consent kaji etik selanjutnya dimohon dapat menyesuaikan dengan contoh di dalam panduan tersebut. Penggunaan panduan dan contoh Informed Consent tersebut  diberlakukan untuk pengajuan protokol terhitung tanggal 01 Juni 2019.

    Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima Kasih.

    Read more about Penggunaan Lembar Informed Consent Versi Terbaru
  • Perubahan Biaya Kaji Etik

    2018-10-12

                                                                                          PENGUMUMAN

     

    Sehubungan dengan berlakunya Surat Keputusan (SK) Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan No. 854/UN2.F1.D/HKP.02.04/2018 tentang “TARIF KAJI ETIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA”, dengan ini kami memberitahukan bahwa terdapat perubahan tarif yang akan berlaku sejak tanggal 01 November 2018. (rincian dapat dilihat di guidelines).

    Read more about Perubahan Biaya Kaji Etik
  • General Information

    2017-10-17

    Dear researchers.

    Welcome to the Health Research Ethics Committe, Faculty of Medicine, Universitas Indonesia-Cipto Mangunkusumo Hospital.

    In this website, we use the OJS-3 model and you will see this website like a journal submission type. Don't worry, just continue to submit your research protocol and we will treat it as the usual research protocol.

    Read more about General Information