Friday, September 22, 2017

Departemen Kebidanan dan Kandungan

Departemen Kebidanan dan Penyakit Kandungan sebagai penyelenggara kegiatan pelayanan, pendidikan dan penelitian llmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan di RSUP Nasionat Dr. Cipto Mangunkusumo, berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktur. Departemen Kebidanan dan Penyakit Kandungan dipimpin oleh seorang pejabat pengelola yang disebut Kepala Departemen Kebidanan dan Penyakit Kandungan.

Departemen Kebidanan dan Penyakit Kandungan RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo mempunyai tugas mengelola kegiatan pelayanan kebidanan dan penyakit kandungan sesuai standar pelayanan, etik, disiplin, profesi dan keselamatan pasien serta mengelola pendidikan dan penelitian rumah sakit di Departemen Kebidanan dan Penyakit Kandungan baik yarig bersifat rutin maupun pengembangan pelayanan dan keilmuan. Kegiatan pelayanan yang bersifat spesialistik dan subspesialistik, pendidikan program dokter spesialis dan sarjana kedokteran, pelatihan serta penelitian datam rangka pengembangan  pelayanan.

Departemen Kebidanan dan Penyakit Kandungan memiliki staf medis yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan serta staf bagian administrasi, keuangan dan lainnya. Staf medis terdiri dari 51 dokter, 4 perawat serta 5 orang bidan. Sedangkan staf non medis 95 orang yang terdiri dari staf dari PNS dan non PNS. Selain pelayanan yang dilakukan, departemen kebidanan dan penyakit kandungan juga menyelenggarakan program dokter spesialis dengan jumlah peserta didik spesialis sejumlah 231 peserta didik.

Organisasi Departemen Kebidanan dan Penyakit Kandungan RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo terdiri dari Koordinator Pendidikan, Koordinator Administrasi dan Keuangan, Koordinator Pelayanan Masyarakat, Koordinator Penelitian dan Pengembangan serta Divisi.