Friday, September 22, 2017

Departemen Telinga Hidung Tenggorok (THT) KL

 

SEJARAH

Dalam era globalisasi dan proses internasionalisasi serta adanya tuntutan dari masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan berkualitas khususnya di bidang Ilmu Penyakit THT,kualitas lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam bidang ilmu THT  harus diakui secara nasional dan mempunyai kompetensi bertaraf internasional.

 

 


Untuk mencapai hal ini  Kurikulum Pendidikan Dokter maupun Dokter Spesialis di Departemen THT  harus memiliki materi akademik dan materi profesi.Selain itu diperlukan tenaga kesehatan profesional yang didukung oleh penguasaan ilmu dan teknologi kedokteran yang baik.

Departemen THT FKUI memiliki visi pada tahun 2012 dapat menghasilkan lulusan dokter maupun dokter spesialis THT yang mempunyai kemampuan profesional bersifat internasional dan dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan masyarakat berlandaskan perkembangan mutakhir ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berdasarkan bukti (evidence based medicine).

Sedangkan misi untuk mewujudkan visi tersebut adalah meningkatkan inovasi pembelajaran peserta program untuk mencapai kompetensi yang dapat meningkatkan efektifitas pelayanan,mampu menjadi pakar dalam bidang THT serta mampu belajar secara berkesinambungan dan siap mengikuti pendidikan kedokteran dan pengembangan profesi berkelanjutan.

Kompetensi yang harus dikuasai oleh lulusan dokter spesialis THT FKUI tidak bersifat spesialistik saja tetapi harus menguasai kompetensi dasar,dan ini dapat dipenuhi dengan profesionalisme yang tinggi dengan pendekatan Ilmu Kedokteran Berbasis Bukti (Evidence Based Medicine).

Oleh karena itu lulusan dokter dan dokter spesialis THT FKUI tidak hanya sebagai tenaga profesional saja dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat tetapi harus dapat menjadi  seorang peneliti dan tenaga pendidik.

Tujuan Program Pendidikan Profesi Dokter dan dokter Spesialis Ilmu Penyakit THT FKUI adalah menghasilkan dokter dan dokter spesialis THT  yang mempunyai kompetensi profesional baik  sebagai seorang dokter umum maupun sebagai seorang dokter spesialis THT sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan  yang bertaraf internasional serta memiliki kompetensi akademik sehingga  mampu meneliti,mengembangkan dan menyebarkan Ilmu Penyakit THT sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dan ditunjang oleh penguasaan Ilmu Kedokteran Dasar yang baik.