Thursday, November 23, 2017

Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga

Ilmu Kedokteran Olahraga merupakan suatu cabang ilmu kedokteran yang berfokus untuk mengatasi masalah kesehatan akibat latihan fisik atau olahraga, dan mengatasi masalah kesehatan dengan latihan fisik atau olahraga. 

Sekarang ini, data epidemiologis menunjukkan adanya peningkatan angka kejadian berbagai penyakit degeneratif yang sangat berkaitan dengan gaya hidup, seperti misalnya penyakit diabetes mellitus, hipertensi, stroke dan penyakit jantung. Berbagai penelitian juga sudah membuktikan bahwa pemberian resp latihan fisik yang tepat dapat membantu mengendalikan atau membantu penanganan berbagai penyakit tersebut, namun tentunya pemberian resep latihan fisik perlu dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik penyakit dan kondisi individu.

Di lain, pihak partisipasi dalam latihan fisik dan olahraga juga meningkatkan risiko terjadinya cedera dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Berbagai tehnik juga dapat diterapkan untuk menurunkan risiko ini, mulai dari penilaian kondisi kebugaran fisik hingga ke pemberian program latihan penguatan. Selain itu, pemberian program terapi yang tepat untuk setiap cedera yang dialami, akan menurunkan risiko terjadinya cedera berulang di kemudian hari.