Wednesday, November 22, 2017
Thursday, 19 May 2016 10:48

PELATIHAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN KEDOKTERAN Featured

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan Kedokteran FKUI tahun 2015 - 2016, yaitu sebagai berikut :

(1) Pelatihan Staf Pengajar sebagai Clinical Teacher Tahap Dasar FKUI 2015, yang dilaksanakan dalam 5 batch yaitu : batch 1 dan 2, tanggal 11 Mei s.d. 4 Juni 2015, batch 3 tanggal 14 s.d. 17 September 2015, batch 4 tanggal 28 September s.d. 1 Oktober 2015 dan batch 5 tanggal 16 s.d. 19 November 2015. 

Pada akhir pelatihan ini peserta diharapkan mampu :

  1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
  2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
  3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
  4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
  5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
  6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
  7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
  8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360°assessment).
  9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.

Pelatihan ini penting diadakan karena  staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien.  Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.  Seluruh kemampuan ini sering didapatkan dari pengalaman pribadi terlibat dalam proses pendidikan, tanpa adanya pelatihan atau pembekalan khusus untuk hal tersebut. Mengingat pentingnya peran staf medik sebagai clinical teacher dan kompleksnya sistem pembelajaran klinik, maka perlu diselenggarakan pelatihan untuk para staf medik sehingga dapat melaksanakan fungsinya sebagai clinical teacher dengan baik.

Selain pelatihan clinical teacher yang dilaksanakan untuk staf klinik di FKUI, dari rumah sakit-rumah sakit jejaring juga meminta pelatihan tersebut yaitu : 1. RSUP Karyadi Semarang tanggal 24-25 Agustus 2015 di Semarang; 2. RS Kanker Dharmais tanggal 8 s.d. 11 Oktober 2015 di RS Kanker Dharmais; 3. RSJP Harapan Kita tanggal 12-13 Desember 2015 dan 16-17 Januari 2016 di RSJP Harapan Kita. 

Pelatihan clinical teacher untuk staf pengajar klinik juga dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura tanggal 24-25 Januari 2015, Program Studi Bedah Toraks Kardio Vaskuler FKUI tanggal 14-15 dan 21-22 Maret 2015, 

(2) Pelatihan Peningkatan kemampuan staf pengajar dalam penyelenggaraan Evaluasi Hasil Pembelajaran (Student Assessment), dilaksanakan di Departemen Kardiologi RSJP Harapan Kita tanggal 12-13 Desember 2015. Tujuan pada akhir kegiatan, peserta diharapkan mampu: a)  Menjelaskan pengetahuan dasar mengenai student assessment;  b) Membuat soal MCQ yang valid dan berkualitas tinggi sesuai dengan blue print asesmen MCQ; c).  Mendemonstrasikan penggunaan borang penilaian untuk ujian performa/ keterampilan/oral

(3) Pelatihan staf pengajar sebagai clinical teacher untuk staf pengajar klinik FKUI di tahun 2016 ini adalah : batch 1 tanggal 21-24 Maret 2016 dan batch 2 tanggal 25-28 April 2016.

(4) Pelatihan untuk pelatih (TOT) sebagai staf pengajar untuk clinical teacher FKUI, tanggal 28 s..d. 31 Maret 2016, Tujuan pelatihan ini adalah peserta diharapkan mampu: a) Memahami dan mampu menerapkan konsep dan metodepengajaran pada tahap klinik dan penerapannya di FKUI; b) Memahami dan mampu menerapkan prinsip memfasilitasi diskusi dan dinamika kelompok; c) Memahami dan mampu menerapkan prinsip mentoring dan permasalahan mahasiswa; d) Memahami dan mampu menjadi role model; e) Memahami dan mampu menerapkanprinsip humanisme dan profesionalisme dan kompentensi budaya dalam melaksanakan tugas sebagai seorang dosen klinik. Untuk kelanjutan TOT ini diadakan pelatihan sehari tentang Public Speaking tanggal 2 Mei 2016. Peserta dari pelatihan ini adalah yang sudah mengikuti pelatihan clinical teacher tahap dasar dan berminat  untuk dilatih menjadi narasumber/fasilitator dalam pelatihan tersebut.